Sukses

Antisipasi Jalur Balik Mudik, Simpang Pejagan Siapkan Contra Flow

Bila contra flow tidak berhasil, maka akan diberlakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalur tengah.

Arus balik diprediksi akan terjadi pada Sabtu (10/8/2013) sampai Minggu (11/8/2013). Bersiap menghadapi serbuan arus balik tersebut, polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Jadi sudah diberlakukan contra flow. Dari 4 lajur, 3 lajur dipakai arus balik ke Jakarta, 1 dipakai yang mengarah ke Brebes," ujar Kapospam Tol Pejagan Ipda Sunarto kepada Liputan6.com di Pejagan, Jawa Tengah.

Kepolisian, lanjut Sunarto, memprediksikan Sabtu sore hingga esok hari akan menjadi puncak arus balik. Walau demikian, sampai saat ini kondisi lalu lintas masih kondusif dan tidak terlihat penumpukan kendaraan bermotor.

Bila contra flow tidak berhasil, maka akan diberlakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalur tengah. "Dari Pejagan akan ke Ketangungan, Kersana, Ciledug kalau Simpang Pejagan padat. Jalur ini dikhususkan untuk pemudik dari Yogyakarta," kata Sunarto.

Selain itu, di Simpang Pejagan, terdapat rel kereta api. Bila kereta melintas, lanjut Sunarto, maka kendaraan yang akan melewati rel tersebut menuju Tol Pejagan tidak boleh melintas dan diarahkan masuk Tol Kanci. "Supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di depan rel kereta," ungkapnya.

Informasi yang dikumpulkan Liputan6.com, tercatat dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB sebanyak 1.334 kendaraan pribadi, 16 truk, dan 43 bus melintasi Pejagan menuju Jakarta. Sampai saat ini, di sekitar Simpang Pejagan masih nihil kecelakaan lalu lintas. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.