Sukses

[VIDEO] Diprediksi Puncak Arus Balik, H+2 Masih Lenggang

Rekayasa jalan juga dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan pengemudi di jalur Pertigaan Pejagaan Brebes, Jawa Tengah.

Aktivitas arus Balik Lebaran 2013 yang diprediksi mencapai puncaknya pada H+2 atau hari ini, Sabtu (10/8) belum tampak terlihat, baik di jalur Selatan atau pun jalur Pantai Utara.

Seperti yang dipantau Tim Liputan6 SCTV dari Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, jalur Tasikmalaya-Garut menuju Jakarta masih lancar. Kondisi serupa juga terlihat di arus yang mengarah dari Malambong-Garut menuju Tasikmalaya hingga Jawa Tengah. Bahkan jalur menuju Jawa Tengah terlihat lebih dominan dilintasi pengendara dari arah Barat.

Berbeda dengan kondisi hari ini, semalam, jalur Lingkar Gentong yang sepanjang 1,2 meter itu terlihat lebih padat. Antrian kendaraan dimulai dari gerbang Tasikmalaya hingga ke Tasikmalaya. Hal ini karenakan terdapat 4 perputaran arus di sekitar Lingkar Gentong tersebut. Sehingga arus dari Tasikmalaya ke Malambong harus dialihkan Ciawi terlebih dahulu.

Bagi pemudik yang hendak melintasi jalur Lingkar Gentong ada baiknya untuk berhati-hati saat melintasi jalan tersebut karena banyak tikungan dan kontur jalan yang naik dan turun.

Sementara itu dari jalur Pantai Utara (Pantura), kondisi serupa juga terlihat di Pertigaan Pejagaan, Brebes, Jawa Tengah. Belum terlihat arus kendaraan yang melaksanakan arus balik, bahkan di H+2 ini kendaraan dari Jakarta menuju Jawa Tengah masih terlihat ada yang melakukan mudik.

Untuk antisipasi kepadatan arus balik di kawasan Pertigaaan Pejagaan Brebes ini, polisi lalu lintas berencana melakukan rekayasa jalan dengan menerapkan contra flow yang terdiri dari 3 lajur kendaraan dari arah Timur ke Barat dan sebuah jalur untuk arah sebaliknya. (Tys/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini