Sukses

[VIDEO] Kebahagiaan Lebaran Umat Muslim di China

Kebahagiaan di hari kemenangan bukan hanya dirasakan umat Islam di negeri-negeri mayoritas muslim saja.

Kebahagiaan di hari kemenangan bukan hanya dirasakan umat Islam di negeri-negeri mayoritas muslim saja. Umat Muslim di China juga turut merasakan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri, dengan berkumpul bersama usai menjalankan salat Id. Tak ketinggalan santapan khas Idul Fitri turut menemani hari penuh kebahagiaan ini.

Lebaran memang menjadi kebahagiaan umat Muslim di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali bagi 200 ribu umat Muslim di barat laut negeri tirai bambu. Di Xining, Provinsi Qinghai, umat muslim berbondong-bondong menuju Masjid Dongguan untuk melaksanakan salat Id.

Liputan 6 SCTV, Jumat (9/8/2013), menayangkan, usai salat, sebagian besar memanfaatkan momen bahagia ini dengan berkumpul bersama keluarga. Tak ketinggalan santapan hari raya seperti bubur kambing, kue-kue kering, buah-buahan, dan beragam menu lainnya menemani kebersamaan mereka.

Di Jinan, Provinsi Shandong, umat Muslim melaksanakan salat Id yang diikuti halal bi halal di masjid besar selatan di Jinnan. Sementara ibu-ibu mengisi Lebaran dengan membakar dupa. Tradisi itu sudah lama dipraktikkan secara turun temurun.

Sementara lebih dari 100 ribu umat Muslim di Lixia, melaksanakan salat Id di Masjid Laohua. Sama seperti umat Muslim Indonesia, umat Muslim China juga merayakan Lebaran pada Kamis 8 Agustus kemarin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.