Sukses

[VIDEO] Suami Istri yang Rela Tak Lebaran Demi Jaga Rel Kereta

Pasangan suami istri di Ngawi, Jawa Timur, harus rela tidak berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Mereka memilih menjaga perlintasan rel.

Pasangan suami istri di Ngawi, Jawa Timur, harus rela tidak berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Mereka memilih menjaga perlintasan rel kereta api.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (9/8/2013), tidak seperti warga lainnya, selesai menjalankan salat Id, Rukmini warga Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, tidak pulang untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Ia justru menuju lokasi perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu yang tak jauh dari rumahnya.

Dengan waspada penuh, dia memberi aba-aba dan memberhentikan setiap kendaraan jika akan ada kereta api yang mau melintas. Hal itu agar pengguna jalan terhindar dari kecelakaan.

Menjelang siang, pekerjaan ini digantikan Sartono, sang suami. Rukmini pun bisa pulang untuk melakukan aktivitasnya di rumah. Sudah puluhan tahun pasangan suami istri ini menjalani pekerjaan sebagai penjaga rel kereta api tanpa palang pintu.

Tapi lebaran membawa berkah bagi pasangan suami istri ini. Menggantungkan hidup dari uang sukarela dari pengguna jalan yang melintas. Dalam 3 hari terakhir, mereka bisa membawa pulang Rp 60 ribu. Padahal di hari biasa, hanya mendapat Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Meski pekerjaan mulia ini sudah dilakoninya puluhan tahun, tapi tidak pernah ada perhatian khusus dari PT KAI, terutama di hari Lebaran ini. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini