Sukses

[VIDEO] Lion Air Tergelincir, KNKT Selidiki Posisi Sapi

Kedatangan tim juga akan mengevakuasi pesawat dari pinggir landasan agar bandara bisa dibuka kembali untuk penerbangan.

Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tiba di Bandara Jalaludin Gorontalo, Sulawesi Utara, untuk menyelidiki penyebab tergelincirnya pesawat Lion Air pada Selasa 6 Agustus lalu. Kedatangan tim juga akan mengevakuasi pesawat dari pinggir landasan agar bandara bisa dibuka kembali untuk penerbangan.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (8/8/2013), tim investigasi KNKT yang tiba di Bandara Jalaludin langsung memeriksa tempat kejadian tergelincirnya pesawat Lion Air JT 892 yang berada di tengah landas pacu bandara tersebut.

Investigator KNKT mengumpulkan data berupa catatan dan beberapa foto termasuk posisi sapi yang masih berada di roda belakang pesawat.  Usai mengumpulkan data, pihak KNKT akan mengizinkan evakuasi pesawat dari pinggir landasan.

Pesawat Lion Air jenis Boeing 737 800 jurusan Jakarta-Gorontalo dengan nomor penerbangan JT 892 tergelincir keluar landasan setelah menabrak sapi. Tak ada korban jiwa dari 110 penumpang yang diangkut.

Menurut Capten Pilot Iwan Permadi, saat pesawat mendarat, pihaknya melihat 3 ekor sapi berada di tengah landasan. Tak sempat menghindar, salah satu roda pesawat menabrak sapi hingga pesawat meluncur keluar landasan.

Pihak bandara pun sebelumnya mengakui sapi peliharaan warga kerap masuk areal bandara yang ditumbuhi padang rumput. Meski telah dilarang otoritas bandara. Padahal, areal bandara harusnya steril dari semua jenis hewan yang bisa membahayakan keselamatan penerbangan. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini