Sukses

Asyiknya Ngabuburit di Alun-alun Tegal

Puasa terakhir dinikamati ratusan warga Tegal dengan berkumpul di Alun-alun untuk ngabuburit. Bagaimana asyiknya?

H-1 Lebaran, menjadi hari terakhir umat Islam berpuasa serta ngabuburit menunggu buka puasa. Momen itu dinikmati ratusan orang dengan berkumpul di Alun-alun Tegal, Jawa Tengah. Di antara mereka ada yang sekadar duduk-duduk menikmati semilir angin sambil bersenda gurau. Ada pula, terutama anak-anak, berlari-lari dan bermain layangan.

Pantauan Liputan6.com, para pedagang mempersiapkan barang dagangannya. Ada yang menggoreng makanan, ada pula yang menggelar tikar dan menata meja. Rata-rata pedagang sedang bersiap menghadapi "serangan" buka puasa terakhir.

Asep, salah seorang penjual tahu gejrot mengaku, menyiapkan 300 tahu untuk buka puasa terakhir di tahun ini. "Ini momen yang harus dimanfaatkan," katanya kepada Liputan6.com sembari meracik bumbu di Tegal, Rabu (7/8/2013).

Di Tegal, ngabuburit biasanya dilakukan di alun-alun seperti hari ini. Tapi, lanjut Asep, karena hari ini puasa terakhir, jumlah pengunjung sedikit meningkat.

Banyak Pengemis

Jelang Hari Raya Idul Fitri, identik pula dengan pembagian zakat. Selain warga sekitar yang datang, pengemis-pengemis pun juga memadati alun-alun. mereka meminta-minta sedekah pada orang-orang yang sedang menunggu buka puasa.

Selain itu, pengemis juga banyak berkumpul di depan Masjid Agung Tegal. Pengurus masjid Joko Adi Saputro mengatakan, jelang Hari Raya pengemis suka berkumpul karena menanti pembagian zakat dari masjid.

"Nanti setelah salat Isya akan dibagikan beras. Jumlah yang dibagikan terbatas 300 kupon," ungkapnya.

Apabila ada lebih, akan diberikan pada pengurus masjid yang secara finansial kekurangan. "Misalnya tukang sapu masjid," imbuhnya. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini