Sukses

Hingga H-2 Lebaran, 232 Pemudik Tewas Akibat Kecelakaan

"Sejak operasi ketupat dijalankan hingga H-2 kemarin, total 232 orang tewas karena kecelakaan. Khusus pada H-2, 54 meninggal," kata Agus

Jumlah kecelakaan saat arus mudik Lebaran 2013 masih tinggi. Polri mencatat hingga H-2 Lebaran atau Senin 6 Agustus 2013 jumlah korban tewas mencapai 232 orang tewas akibat kecelakaan.

"Sejak Operasi Ketupat dijalankan hingga H-2 kemarin, total 232 orang tewas karena kecelakaan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Sedangkan pada H-2 saja, Agus menjelaskan, kecelakaan di jalur mudik sebanyak 26 kasus.  "Total kecelakaan lalu lintas sampai kemarin, 292 kasus. 54 orang meninggal dunia di H-2," kata Agus.

Dari data yang masuk ke Mabes Polri, sudah terjadi 1.124 kecelakaan selama arus mudik berlangsung. Selain korban meninggal, ada 352 korban luka berat. Menurut Agus, penyebab kecelakaan paling banyak karena faktor kelelahan. Menurunnya konsentrasi pengendara menjadi sebab utama kecelakaan.

"Sebagian besar kecelakaan karena faktor kelelahan dan ngantuk," jelas Agus.

Padatnya jalan dan jarak tempuh jauh yang harus dilalui para pemudik memang tak terelakkan menjadi hal yang cukup melelahkan. Untuk itu sebaiknya para pemudik berhenti untuk beristirahat saat merasa lelah. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.