Sukses

KAI: Pemudik Gratis Segera Beli Tiket Balik, Gerbong Terbatas

Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan menyarankan pada pemudik gratis agar segera membeli tiket kereta api untuk arus balik.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, banyak warga DKI Jakarta yang mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan beberapa pihak. Namun fasilitas tersebut hanya berlaku saat mudik. Sedangkan untuk arus balik, mereka harus mencari transportasi lain.

Karenanya, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Ignasius Jonan menyarankan pada pemudik gratis agar segera membeli tiket kereta api untuk arus balik. Sebab tidak akan ada penambahan gerbong lagi. Sudah maksimal.

"Kalau mudik gratis itu berangkatnya saja, pulangnya nggak. Kembalinya bagaimana? Saran saya, segera aja beli tiket kereta api kalau untuk arus baliknya," ujar Jonan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 6 Agustus 2013.

Dia menjelaskan, PT KAI memang memiliki kereta cadangan, namun tidak dalam jumlah yang banyak. Sehingga tidak memungkinkan menampung kembalinya seluruh penumpang yang mengikuti mudik gratis.

Bahkan, lanjut Jonan, PT KAI cadangan sudah cukup maksimal dengan jumlah 14 persen lebih banyak dari lebaran tahun 2012 lalu. Untuk tahun ini saja, total kereta yang berangkat membawa para pemudik mencapai 405 rangkaian.

"Untuk arus balik sudah disiapkan keretanya. Jadi kita tidak bisa menambah lagi," tutup Jonan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini