Sukses

Kapolri: Kecelakaan Motor Saat Mudik Turun 20 Persen

Penurunan angka kasus kecelakaan ini juga menekan jumlah korban meninggal hingga H-3 Lebaran sebanyak 40 persen.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengecek sejumlah jalur mudik di Jakarta, Jawa Barat, hingga ke Jawa Tengah. Berdasarkan hasil pantauannya, jumlah kecelakaan kendaraan roda 2 mengalami penurunan sebanyak 20 persen. Sementara kendaraan roda 4 turun sebanyak 4 persen.

"2 Tahun ini berturut-turut kami sampaikan kendaraan roda 2 ini memang lebih berbahaya, baik dari sisi kecelakaan maupun dari sisi yang lain," kata Timur di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (6/8/2013).

"Tentunya kerja 2 tahun ini sangat berhasil, melihat orang mau pindah dari roda 2 ke angkutan yang lain," sambungnya.

Timur menuturkan, pemaksimalan fungsi transportasi massal oleh pemerintah juga turun menyumbang penurunan angka kecelakaan sepeda motor saat mudik. Salah satunya seperti yang dilakukan PT KAI dengan menggratiskan pengangkutan kendaraan roda 2.

"Kemudian kapal, partisipasi APTM (agen tunggal pemilik merk) dan komunitas masyarakat yang peduli dengan mudik ini. Itu gratis, motornya naik dan penumpangnya naik bus. Itu semua saya kira terintegrasi sinergi sehingga hasilnya bisa dilihat di arus mudik ini," ujarnya.

Penurunan angka kasus kecelakaan ini juga menekan jumlah korban meninggal hingga H-3 Lebaran. "Jumlah maupun sisi korban meninggal dunia (saat mudik Lebaran 2013) turun 40 persen. Tapi kita lihat (hari) ke depannya," pungkas Timur. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini