Sukses

Diterjang Badai, 10 Ribu Rumah di Ceko Gelap Gulita

Selain memutus aliran listrik, hantaman angin super kencang itu juga menumbangkan ratusan pohon.

Angin kencang dan badai menerjang Republik Ceko pada Senin 5 Agustus waktu setempat. Akibatnya, sekitar 10 ribu rumah penduduk gelap gulita karena pasokan listrik ke wilayah tersebut terputus.

"Bagian yang paling parah terkena dampak terjangan badai adalah wilayah Bohemia Tengah," ujar Ladislav Kriz, juru bicara CEZ, perusahaan listrik nasional Ceko, seperti dimuat Xinhua, Selasa (7/8/2013).

Awalnya badai menghantam bagian selatan dan barat Bohemia pada Minggu 4 Agustus sore waktu setempat. Lalu badai tersebut bergerak menuju Moravia pada sore dan malam hari.

"Keadaan darurat untuk sementara dinyatakan untuk Bohemia Tengah dan daerah Pardubice," tutur Ladislav.

Badai tersebut, sambung Ladislav, merusak 30 fasilitas tegangan tinggi di timur Bohemia dan 9 lainnya di bagian barat Bohemia.

"Sementara di Praha, kerusakan pasokan listrik telah diperbaiki tak lama setelah badai yakni pada Minggu 4 Agustus malam," terang Ladislav.

Selain memutus aliran listrik, hantaman angin super kencang itu juga menumbangkan ratusan pohon.

Akibat pohon-pohon tumbang itu, sejumlah ruas jalan dan lebih dari 20 rel kereta terblokir. Sehingga arus transportasi pun tertunda. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini