Sukses

Usai Bermacet Ria di Jalur Jakarta-Merak, Pemudik Sisakan Sampah

Saat ini tak ada antrean kendaraan yang tampak menumpuk.

H-2 jelang Hari Raya Lebaran, jalur menuju Pelabuhan Merak, Banten dari Jakarta masih lancar. Tak ada antrean kendaraan yang tampak menumpuk.

Di sepanjang jalan tol menuju Pelabuhan Merak, juga tak nampak ada antrean kendaraan pemudik. Baik arus Tol Dalam Kota maupun di Tol Jakarta-Merak tampak lengang. Namun, ketika sampai di titik terjadinya kemacetan sebelum H-2 Lebaran, tampak sampah menumpuk di jalanan.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (6/8/2013), tumpukan sampah pun membuat pemandangan pelabuhan tersebut tak lagi sedap dipandang. Tumpukan sampah semakin terlihat parah, ketika keluar dari pintu Tol Merak. Tepat di jalan sebelum flyover Merak, sampah pun terlihat menutupi hampir seluruh bagian jalan sampai ke dekat pelabuhan Merak.

Sampah-sampah yang mulai terlihat memadati jalan di titik KM 95 Tol Jakarta-Merak itu berupa plastik dan bekas botol minuman maupun bungkus makanan.

Sampah-sampah tersebut diduga adalah sisa-sisa para pemudik yang terjebak macet ketika hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menggunakan kapal ferry.

"Ini pasti (sampah) bekas macet kemarin," kata Wiwin, seorang pengemudi yang selama 2 hari berturut-turut melintasi jalur Jakarta-Merak.

Hingga Selasa pagi ini, belum terlihat ada petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah tersebut. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.