Sukses

Demokrat Imbau Partai Lain Usung Perempuan Sebagai Capres

Partai Demokrat menyayangkan tidak adanya perempuan yang ikut dalam konvensi calon presiden yang mereka gelar.

Partai Demokrat menyayangkan tidak adanya perempuan yang ikut dalam konvensi calon presiden yang mereka gelar. Oleh sebab itu, Demokrat meminta kepada partai politik lain untuk memboyong perempuan sebagai calon presiden yang akan diusung dalam Pilpres 2014.

"Kan tidak ada perempuan yang muncul jadi calon peserta konvensi. Ya partai lain, kalau bisa usung perempuan sebagai calonnya," kata Wakil Ketua Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf di Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Meski tidak mengusung caprtes perempuan, Nurhayati menegaskan komitmen Demokrat terhadap perempuan sebenarnya tak perlu diragukan lagi. Menurut dia, Demokrat adalah partainya kaum perempuan dan kaum muda. "Tidak ada dikotomi laki-perempuan, tua-muda," ujarnya.

Demokrat, kata dia, tidak menghambat perempuan untuk berkiprah di dunia politik. Namun, toh pada akhirnya, sejauh ini calon peserta yang muncul untuk turut konvensi didominasi oleh kaum laki-laki.

Nurhayati mengatakan bahwa konvensi adalah cara Demokrat untuk menyeleksi calon presiden. Menurut dia, calon yang muncul, juga berdasarkan pilihan rakyat. "Masyarakat yang pilih. Itu kan survei yang menentukan. Pilihan rakyat jadi pertimbangan penentuan capres Demokrat," tutur Nurhayati.

Selain itu, Nurhayati juga mengatakan bahwa partai Demokrat belum secara resmi memberikan undangan kepada para peserta konvensi. Sehingga, masih ada kemungkinan peserta konvensi berasal dari kaum perempuan.

"Ini kan belum ada nama yang diumumkan sebagai peserta konvensi. Kita tunggu saja. Kita tidak ada perempuan bukan berarti partai Demokrat tidak pro perempuan," tegas Nurhayati. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini