Sukses

Antisipasi Puncak Arus Mudik, Ada Tambahan 11 Kapal di Merak

Ke-41 kapal tersebut akan dioperasikan mulai Selasa 6 Agustus 2013 besok bila terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan.

Mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang di Pelabuhan Merak, Banten, saat arus puncak mudik, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak akan menambah armada menjadi 41 kapal.

Ke-41 kapal tersebut akan dioperasikan mulai Selasa 6 Agustus 2013 besok bila terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan. Saat ini PT ASDP baru mengoperasikan sekitar 30 kapal per harinya.

"Hingga saat ini, kapal yang sudah beroperasi setiap harinya berjumlah 28 hingga 30 kapal. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, semua kapal nanti berjumlah 41 kapal," kata Juru Bicara PT ASDP Mario Sardadi Oetomo di Merak, Banten, Senin (5/8/2013).

Mario menuturkan lonjakan penumpang di Merak terjadi mulai Jumat-Minggu, 2-4 Agustus 2013 lalu. Ia menambahkan persiapan arus mudik Lebaran 2013 sudah mencapai 90 persen. Selain sarana dan prasarana di sekitar pelabuhan, pihaknya juga menyiapkan  975 personel pendukung, terdiri dari petugas operasional, keamanan, Basarnas, asuransi, kesehatan, kebersihan, BUMN Peduli, BMKG, Telkom, dan PLN.

Mario menambahkan saat ini 5 dermaga di Pelabuhan Merak bisa digunakan, yakni dermaga I, II, III untuk bongkar muat penumpang dan kendaraan. Sementara dermaga IV dan V untuk kendaraan roda dua.

"Semua dermaga sudah siap digunakan. Jadi sekarang kami hanya tinggal menunggu kedatangan pemudik saja," pungkas Mario. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini