Sukses

Ketua MUI: Lebaran Tahun Ini Bareng

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin memperkirakan perayaan Idul Fitri 1434 Hijriah akan berlangsung serentak.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin memperkirakan perayaan Idul Fitri 1434 Hijriah akan berlangsung serentak pada Kamis 8 Agustus mendatang. Serentak terutama bagi ormas-ormas yang kerap berbeda merayakan.

"Insya Allah Lebaran tahun ini bareng," kata Ma'ruf saat konferensi pers di Jakarta, Senin (5/8/2013).

Dia menjelaskan, perayaan Lebaran tahun ini kemungkinan berlangsung serentak 8 Agustus 2013. Alasannya, karena saat itu posisi hilal berada pada ketinggian 3 hingga 7 derajat.

Meski demikian, lanjut Ma'ruf, penetapan 1 Syawal tetap akan dilakukan melalui sidang isbat yang diikuti oleh perwakilan organisasi massa Islam dari seluruh Indonesia.

"Sidang isbat akan dilangsungkan pada Rabu (7 Agustus)," kata dia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebelumnya menyatakan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada 8 Agustus karena pada saat itu ketinggian hilal, bulan sabit penanda bulan baru, sudah mencapai 3,4 derajat.

Awal Ramadan lalu, ormas Muhammadiyah menetapkan hari pertama puasa berbeda dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah. Diprediksi, untuk perayaan Lebaran akan berlangsung bersamaan. (Ant/Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.