Sukses

Pelaku Bom Wihara Sudah Mengenali Lokasi Target

Kemungkinan besar pelaku teror sudah mengenal lingkungan wihara. Bahkan, pelaku diduga yang mengerti tata cara ibadah agama Budha.

Wihara Ekayana di Jakarta Barat menjadi sasaran teror bom. Menurut salah satu jemaat, Po Nijan Liaw (44), kemungkinan besar pelaku teror sudah mengenal lingkungan wihara. Bahkan, kata dia, pelaku diduga yang mengerti tata cara ibadah agama Budha. Apalah pelaku sudah mengintai sebelum beraksi?

"Jadi terkesan orang yang mengerjakan ini sudah paham betul situasinya. Kelihatannya dia sudah tahu jam berapa keluar. Kalau di Budhis itu dia masih ber-anjali (salam menunduk di depan Budha)," kata Po Nijan ketika ditemui di depan gerbang Wihara Ekayana, Jakarta Barat, Senin (5/8/2013).

Po Nijan menambahkan, berdasarkan rekaman dari CCTV pelaku adalah seorang pemuda yang usianya di atas 30 tahun. "Melihat dari hasil rekaman CCTV, ciri-cirinya masih muda, di atas 30 tahun," tambah Po Nijan.

Jemaat yang sedang beribadah di Wihara Ekayana dikejutkan dengan bom yang meledak berdaya ledak rendah. Sekitar pukul 19.00 WIB malam tadi, terjadi ledakan kecil.

Dari hasil penyelidikan awal ditemukan terdapat pesan yang diduga dibuat oleh pelaku. Pesan pada bom itu bertuliskan, "Kami Menjawab Derita Rohingya." (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini