Sukses

WC Umum Jadi Primadona Pemudik di Tengah Kemacetan Menuju Merak

Di balik macetnya lalu lintas di Jalan Cikuasa Atas menuju Merak, Banten, ada tempat yang menjadi primadona. Tempat itu adalah WC umum.

Di balik kemacetan dari Tol Pelabuhan Merak, Banten, ada tempat yang menjadi primadona. Tempat itu adalah WC umum.

Pantauan Liputan6.com kemacetan panjang sekitar 2,5 kilometer terjadi di dalam Tol Pelabuhan Merak menuju sistem buka-tutup ke Pelabuhan Merak, Senin (5/8/2013).

Titik yang menjadi favorit pemudik berada di wilayah Jalan Cikuasa Atas. Terdapat puluhan WC umum di lokasi ini. Banyak pemudik yang terjebak macet karena sistem buka tutup menuju Pelabuhan Merak, terbantu dengan adanya toilet itu.

Menurut salah seorang pemudik yang menuju Bengkulu, Arif Hakim, dengan adanya WC umum yang lumayan banyak di area sepanjang jalan menuju pelabuhan itu, sangat membantu pemudik. Walaupun dengan membayar Rp 1.000, WC ini seperti juru selamat bagi para pemudik yang terjebak macet.

"Jelas menjadi juru selamat mas. Dengan kemacetan sepanjang ini, kalau keluarga kebelet kan bisa langsung ke wc umum. Kan banyak juga," kata Arif.

Seorang penjaga WC umum di sepanjang Jalan Cikuasa Atas, Tarmin mengatakan bahwa rata-rata WC umum yang ada di sana adalah usaha tahunan.

"Ini sebenarnya usaha tahunan mas, tapi ada juga sih yang sudah ada sejak lama. Iya ini diberikan kepada pemudik yang ingin membuang air kecil," ujarnya. "Ini juga menjadi pendapatan tambahan untuk kita," sambung Tarmin. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.