Sukses

Ciri-ciri Pengebom Wihara Ekayana

Bhikku Arya menjelaskan, pelaku mengenakan baju putih, tas selempang, dan membawa bungkusan.

Wihara Ekayana yang berada di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat, dibom pada Minggu 4 Agustus malam. Gerak-gerik pelaku yang diduga sebagai pengebom pun tertangkap CCTV.

"Pelaku satu orang," kata Kepala Wihara Ekayana Buddhist Center, Bhikku Arya Maitri Mahatera, Senin (5/8/2013).

Arya menjelaskan, pelaku mengenakan baju putih, tas selempang, dan membawa bungkusan. "Ciri-cirinya tidak gemuk, kurus. Mungkin usia tak sampai 30. Pakai kacamata. (Orangnya) putih," jelasnya.

Dalam rekaman CCTV, lanjut Arya, pelaku tampak membaur dengan umat Buddha yang sedang beribadah. Namun terlihat sejumlah kejanggalan.

"Dia taruh bungkusan itu di atas rak sepatu. Dan ketika itu masih banyak umat ambil sepatu, taruh sepatu. Nah ketika ada umat dia menghentikan kegiatannya. Begitu kosong, dia siap-siap dan setelah itu masuk ke dalam seolah-olah seperti umat Buddha," jelasnya.

Bom itu meledak di tempat terpisah yakni di pintu masuk kebaktian. Pada saat meledak, bom memuntahkan serpihan besi, kabel, dan baterai persegi.

Akibat ledakan tersebut 3 orang menjadi korban, yaitu Elisa dan Ling Ling yang luka pada telinga, serta Rice luka ringan di tangan. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.