Sukses

Pesan Tertulis Bom Wihara: `Kami Menjawab Jeritan Rohingya`

Dari informasi yang diperoleh Suryadharma Ali terdapat pesan yang diduga dibuat oleh pelaku.

Menteri Agama Suryadharma Ali mendatangi lokasi ledakan bom di Wihara Ekayana, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dari informasi yang diperoleh Suryadharma Ali, ada pesan tertulis yang diduga dibuat oleh pelaku.

"Ada pesan tertulis pada bom, tulisannya 'Kami Menjawab Jeritan Rohingya'," kata Suryadharma Ali usai mendatangi lokasi ledakan di Wihara Ekayana, Jakarta Barat, Senin (5/8/2013).

Kasus kerusuhan muslim Rohingya di Myanmar memang menjadi perhatian dunia. Bahkan banyak pengungsi Rohingya yang datang menyelematkan diri ke Indonesia.

Kendati begitu, Suryadharma meminta umat Islam jangan tersulut emosi. "Peristiwa ini mencoreng kesucian bulan Ramadan. Saya imbau umat Islam tidak terpancing gerakan yang tidak bertanggungjawab ini," kata menteri yang juga Ketua Umum PPP ini.

Dari pengembangan penyidikan polisi, ternyata ada 2 bom yang ditempatkan di wihara ini. Namun yang meledak hanya 1.

Pada saat meledak, bom memuntahkan serpihan besi, kabel, dan baterai persegi. Akibat ledakan tersebut 3 orang menjadi korban, yaitu Elisa dan Ling Ling yang luka pada telinga, serta Rice yang luka ringan di tangan. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.