Sukses

Kemenakertrans: Baru 5 Orang yang Melapor Tak Dapat THR

Kemenakerstrans mengaku sedikitnya baru 5 orang yang melapor ke Posko Pengaduan THR. Mereka mengaku belum mendapat THR.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakerstrans) mengaku untuk Lebaran tahun ini sedikitnya ada 5 orang yang melapor ke Posko Pengaduan Tunjangan Hari Raya Kemenakertrans yang didirikan sejak Ramadan 1434 Hijriyah.

"Sejak posko dibuka mulai awal puasa, setahu saya baru 5 orang yang mengadukan, tapi sifatnya masih konsultasi," kata Kepala Humas Kemenakertrans, Suhartono, di Jakarta, Minggu (4/8/2013).

Ia menyarankan bagi para karyawan atau buruh yang belum menerima THR dari perusahaan tempat bekerjanya bisa mengadukan ke posko terdekat, seperti di kantor Dinas Tenaga Kerja setiap provinsi.

"Sekarang kan di setiap dinas provinsi sudah buka posko pengaduan. Tetapi belum kita cek semuanya, jadi baru 5 orang tadi itu saja," ujar dia.

Ia menjelaskan, saat ini bagi perusahaan yang tidak membagikan THR dapat diadukan ke posko, ke dinas, atau melalui proses hukum di pengadilan hubungan industrial. "Kalau putusan pengadilan, biasanya harus membayarkan THR, tetapi proses panjang," jelasnya.

Menurutnya, perusahaan yang belum memberikan THR kepada karyawannya harus segera membayarkan sebelum Idul Fitri tiba. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • Kemenakertrans

Video Terkini