Sukses

Jokowi Diminta Peduli Nasib Anak Jalanan

"Kita mau cari solusi anak-anak jalanan yang putus sekolah. Sampai saat ini belum ada pendekatan dari Jokowi," kata Ketua Yayasan TKB Anny.

Sejumlah sosialita yang tergabung dalam Yayasan Tri Kusuma Bangsa (TKB) berkeinginan bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, untuk membahas nasib anak-anak jalanan terutama membahas sekolah jalanan.

Karena itu, Ketua Yayasan TKB, Any Kusuma Dewi mengimbau pemerintah Provinsi DKI memberikan perhatian terhadap anak-anak keluarga tak mampu yang berada di wilayah Jakarta ini, khususnya anak putus sekolah, anak jalanan dan kaum duafa.

"Kita mau berbincang-bincang mencari solusi anak-anak jalanan yang putus sekolah. Sampai saat ini belum ada pendekatan dari Jokowi," kata Any di Jakarta, Minggu, (4/8/2013).

Bunda Any menambahkan pihaknya sudah merintis sekolah jalanan sejak 9 tahun lalu. Namun, belum ada dana dari pemerintah untuk menunjang berbagai program pembelajaran kepada anak-anak dari keluarga kurang beruntung itu.

"Dana sendiri, belum ada dana pemerintah. Dulu sempat ajukan, tapi mungkin karena tidak dalam waktu dan tempat yang tepat, sehingga belum berhasil. Dana berasal dari pribadi dan bantuan temen-teman, diantaranya dari Towerindo Konvergensi," ungkap Any.

Meski demikian, Bunda Any yang dibantu sejumlah-rekan-rekannya tak surut untuk melakukan kegiatan sosial itu. Mereka pun mencari dana dengan bergerilya. Saat ini sudah skitar 200 anak yang dibina, dari playgroup hingga SMK. Meski mereka belajar beralaskan tikar beratapkan langit, relawan dan peserta didik tetap bersemangat bekerja.

"Kami pun sedang meminta ijin ke pihak kantor pos, bila diijinkan kegiatan itu dilakukan di teras kantor pos karena belajar mengajarkan hanya hari Sabtu saja," ujar Anita.

Sahur Anak Jalanan

Sedangkan, acara Sahur On The Road, dikatakan Anita telah digelar 3 kali setiap tahun. Hal itu untuk memberi semangat kepada anak-anak yang putus sekolah. Tahun ini Kota Tua dipilih sebagai tempat acara Sahur on the Road karena kawasan itu merupakan rumah bagi para anak asuh Yayasan TKB.

Sebagai informasi, Yayasan Tri Kusuma Bangsa merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial yang menaungi anak-anak putus sekolah, gerakan orangtua asuh, dan fokus dalam kegiatan siaga bencana serta pengobatan gratis. Beberapa artis ikut dalam kegiatan di yayasan ini diantaranya Kiki Amalia, Virnie Ismail, band The River, hingga Tiffani Kenanga. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Anak Jalanan

Video Terkini