Sukses

[VIDEO] Jalur Selatan Padat, Sistem Buka-Tutup Diterapkan

Arus baik dari arah Jakarta maupun Bandung menuju Tasikmalaya dan kota lain di selatan Pulau Jawa semakin padat.

Jumlah kendaraan di jalur mudik selatan yang melintasi turunan Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, telah meningkat dibanding Minggu siang. Arus dari arah Jakarta maupun Bandung menuju Tasikmalaya dan kota lain di selatan Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur semakin padat.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (4/7/2013), 3 km dari Gentong yakni Ciawi juga dalam kondisi padat merayap. Aparat kepolisian turun tangan untuk mengatur arus lalu lintas.

Akibat arus yang mulai padat, kawasan Lewoh dan Limbangan menggunakan sistem buka tutup. Sistem tersebut diberlakukan guna menahan arus dari Tasik menuju Bandung maupun Jakarta sekitar 1 jam dan sebaliknya.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Jawa Barat, tercatat sebanyak 60 ribu kendaraan telah melewati kawasan Gentong. Sementara pada Minggu siang, jumlah kendaraan baru 40 ribu lebih.

Kini jumlah pengendara mobil pun telah meningkat, dari hanya 9 ribu menjadi 19 ribu. Akibat kepadatan tersebut, tak heran pemudik kelelahan dalam melakukan perjalanan.

Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi Minggu malam nanti. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini