Sukses

Cegah Kolusi, Satpol PP Akan Bertugas di Tempat Berbeda-beda

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberi saran agar tugas Satpol PP di-rolling atau diputar.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso, mengakui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan kinerja Satpol PP yang kurang maksimal di Pasar Minggu. Saat datang ke Pasar Minggu 4 hari lalu, Jokowi terkejut Satpol PP hanya duduk santai di samping PKL yang berjualan hingga menyebabkan kemacetan.

Karena itu, lanjut Kukuh, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberi saran agar tugas Satpol PP di-rolling atau diputar. Mereka akan ditugaskan menjaga secara bergantian di titik-titik yang berbeda.

"Ada masukan dari Wakil Gubernur untuk rolling lintas wilayah. Misalnya, petugas di Pasar Minggu jaga di Pasar Tanah Abang dan sebaliknya. Ini bisa juga mencegah kedekatan antara petugas dengan pedagang," ujar Kukuh saat dihubungi di Jakarta, Minggu (4/8/2013).

Menurutnya, saat diberi teguran dari Jokowi, dia pun segera melakukan evaluasi dan arahan terhadap para Kepala Suku Dinas di masing-masing wilayah. Begitu juga kepada para personel Satpol PP.

Kukuh mengaku telah diberikan banyak masukan mengenai bagaimana agar dapat mengubah kinerja Satpol PP menjadi lebih tegas, namun tetap merakyat. Salah satu cara adalah dengan rolling wilayah bertugas yang akan segera diterapkan Ahok kepada jajarannya.

"Kami sudah memberi arahan kepada mereka bagaimana seharusnya bertindak. Jika sistem rolling wilayah belum efektif, Kepala Suku Dinas harus tanggung jawab, harus siap diganti," kata Kukuh. (Frd/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.