Sukses

Jalur Pantura Lancar, Selatan Padat

Kepadatan arus lalu lintas tak terlihat di Pantura, melainkan di jalur Selatan Jawa Barat.

Arus mudik pada H-5 menjelang Idul Fitri menunjukkan fenomena yang berbeda. Biasanya jalur pantai utara (Pantura) ramai dengan para pemudik dan jalur selatan sepi dari pemudik. Tapi kondisi kali ini malah sebaliknya.

Pantauan Liputan6.com pada CCTV RTMC Polda Jawa Barat di Posko Operasi Ketupat Cikampek, Sabtu (3/8/2013), kepadatan arus lalu lintas tak terlihat di Pantura, melainkan di jalur Selatan Jawa Barat.

Untuk di wilayah Sadang, Cempaka, Kalijati, dan Kabupaten Subang terpantau ramai. Sementara arah menuju ke jalur selatan, melalui Cileunyi, terpantau ramai lancar.

Di Pos Kahatek Ranca Ekek Sumedang terjadi kemacetan. Sedangkan untuk jalur Nagrek, lalu lintas terpantau masih lengang dan sepi, karena kendaraan tertahan di Kahatek Ranca Ekek.

Sementara di Cagak, lalu lintas juga terpantau sepi. Di Limbangan Pasar, Limbang, Garut, terpantau ramai lancar. Sama halnya dengan yang terjadi di Gatur Malangbong, kondisinya ramai lancar. Untuk di kawasan Gentong, Tasikmalaya, terpantau sesekali arus lalu lintas tersendat.

Namun di kawasan jalur utara Jawa Barat, penumpukan kendaraan hanya terjadi di kawasan Simpang Jomin-Mutiara lantaran adanya bottle neck kendaraan yang keluar dari Tol Cikampek.

Kaposko Cikopo AKBP Jhony Iskandar mengatakan, situasi arus lalu lintas mudik di kawasan Jawa Barat bisa berubah usai buka puasa. "Mungkin ini pemudik yang jalan siang hari. Nanti malam bisa saja ada perubahan," jelas Jhony. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.