Sukses

[VIDEO] Cari Kue Lebaran Unik? Bikin Saja Macaroon Bentuk Ketupat

Mau menyiapkan suguhan istimewa pada Hari Raya Idul Fitri? Mungkin makanan ini bisa menjadi rekomendasi yang pas.

Mau menyiapkan suguhan istimewa pada Hari Raya Idul Fitri? Mungkin makanan ini bisa menjadi rekomendasi yang pas. Macaroon namanya. Dessert ala Prancis ini bertekstur crispy dan lembut. Bentuknya pun unik.

Biasanya macaroon berbentuk bulat, tapi khusus Lebaran, tapi Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (3/8/2013), menayangkan macaroon yang dibentuk seperti ketupat. Cara buatnya, pertama, putih telur setengah beku diaduk hingga mengembang. Kemudian campur dengan gula yang sudah dimasak bersuhu 115 derajat.

Selanjutnya almond yang sudah dihaluskan dan gula dibubuhi pewarna hijau ketupat. Campuran adonan kemudian dibentuk anyaman ketupat. Masukkan ke oven dan didinginkan sebelum kemudian diwarnai.

Untuk isinya, campuran yogurt, coklat putih dan buah blueberry bisa menjadi pilihan. Kemudian dicetak dan dibekukan agar padat. Terakhir dirangkai menjadi bentuk ketupat. Bisa juga dihias dengan coklat atau serpihan serbuk emas. Untuk lebih jelas cara membuatnya, saksikan video berikut. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.