Sukses

Demokrat: Jokowi Tidak Diundang Konvensi, Tapi Boleh Jadi Jurkam

Partai Demokrat menyatakan keengganannya mengundang politisi PDIP Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti konvensi penjaringan calon presiden.

Partai Demokrat menyatakan keengganannya mengundang politisi PDIP Joko Widodo atau Jokowi untuk mengikuti konvensi penjaringan calon presiden. Namun, Partai Demokrat menyatakan jika Jokowi mau jadi juru kampanye Demokrat, itu akan saling menguntungkan.

"Dia ikut ke Demokrat untuk kampanye, itu kan untuk naikkan elektabilitas dia jugakan. Dia naik, kita naik, sama-sama dapat keuntungan," kata Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Sehingga, menurut dia, Partai Demokrat tak akan mengundang Jokowi untuk jadi peserta Konvensi. "Nggak diundang, nggak ada dia diundang, untuk apa dia diundang? Dia kan orang PDIP," ujar Sutan.

Kabar tentang bakal ikutnya Jokowi dalam konvensi capres Partai Demokrat kian santer. Apalagi setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat menghubungi 12 nama kandidat yang akan diundang untuk ikut dalam konvensi.

Menurut Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik, ada 2 nama yang berasal dari partai lain yang diundang. Terkait elektabilitasnya, hingga kini Jokowi terus menunjukkan angka tertinggi sehingga punya peluang besar diikutkan.

Namun, saat ditanya mengenai benar tidaknya telah dihubungi ikut Konvensi, Jokowi hingga Kamis 1 Agustus kemarin, masih seperti sebelumnya. Tidak memberikan jawaban 'ya' atau 'tidak'.  Dia lebih memilih untuk menyerahkan sepenuhnya kepada Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

"Pertanyaan itu lagi. Saya itu kader PDI Perjuangan. Sudah. Jawabannya itu," ujar Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis 1 Agustus. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini