Sukses

PT KAI: 1.600 Polisi Amankan Lokomotif dan Gerbong Mudik

Rencananya pengamanan tersebut dilakukan selama arus mudik hingga arus balik Lebaran.

Guna mengamankan mudik khususnya untuk lokomotif dan gerbong kereta api, sebanyak 1.600 anggota Kepolisian disiagakan. Rencananya pengamanan tersebut dilakukan selama arus mudik hingga arus balik Lebaran.

"Untuk Jakarta saja ada 400 petugas keamanan dari Kepolisian. Kalau se-Pulau Jawa diperkirakan hingga 1.600-1.800-an orang petugas Kepolisian akan membantu pengamanan," jelas Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2013).

Sugeng  menyatakan, bahwa 1.600 anggota Kepolisian dipastikan akan ikut membantu penjagaan setiap lokomotif dan gerbong kereta api selama arus mudik. Para petugas juga akan membantu hingga arus balik Lebaran.

Namun, kata Sugeng, untuk penempatan petugas keamanan di kereta api akan disesuaikan berdasarkan situasi. "Per kereta api ada 4 petugas polisi dan setiap lokomotif dijaga satu polisi," sambungnya.

Stasiun di pulau Jawa yang dilintasi kereta api juga akan dijaga oleh petugas polisi, tambah Sugeng.

"Untuk tahun ini setiap stasiun walaupun kecil dan di tempat terpencil, akan dijaga minimun dua petugas Kepolisian," tukas Sugeng. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.