Sukses

[VIDEO] Ledakan Gudang Senjata Militer Suriah Tewaskan 40 Orang

Kobaran bola api besar dan asap hitam mengepul tinggi hingga ratusan meter ke udara di sudut Kota Homs. 40 Tewas dan 120 lainnya terluka.

40 Orang tewas dan 120 lainnya terluka akibat sebuah ledakan di gudang senjata di Kota Homs, Suriah. Insiden itu bertepatan dengan peringatan Hari Angkatan Bersenjata Suriah.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV Pagi, Selasa (2/8/2013), kobaran bola api besar dan asap hitam mengepul tinggi hingga ratusan meter ke udara di sudut Kota Homs. Beberapa saat kemudian terdengar dentuman ledakan kuat ledakan berulangkali mengguncang Homs selama sekitar 1 jam.

Insiden terjadi di wilayah yang dihuni mayoritas warga Syiah Alawi Suriah, sekte Syiah yang dianut Presiden Bashar al-Assad. Saksi mata menuturkan ledakan terjadi pada sebuah gudang senjata militer Suriah.

Kelompok pemantau HAM Suriah melaporkan 40 orang tewas dan 120 orang lainnya terluka akibat insiden tersebut. Ledakan disebabkan serangan rudal darat Grad yang diluncurkan kelompok oposisi.

Pertempuran sengit juga berlangsung di Allepo. Para pejuang oposisi melancarkan serangan terhadap kamp militer Muhalleb.

Assad Optimis

Militer Suriah terus berupaya mendesak mundur oposisi dan merebut kembali sejumlah titik di sekitar Damaskus dan perbatasan dengan Lebanon. Bertepatan dengan hari peringatan Angkatan Bersenjata Suriah, Assad mengunjungi basis tentara Suriah di Darraya. Ia optimis pasukannya akan menang dalam perang sipil yang sudah mendera Suriah selama 28 bulan terakhir. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.