Sukses

Amankan Rumah yang Ditinggal Mudik, `Si Gahtan` Siap Beraksi

Mereka akan bersiaga saat banyak warga meninggalkan rumahnya untuk mudik.

Guna menjaga keamanan dan ketertiban, Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno bersama Kapolres Jakarta Selatan Kombes Wahyu Hadiningrat meluncurkan satuan tugas untuk menjaga rumah kosong. Mereka akan bersiaga saat banyak warga meninggalkan rumahnya untuk mudik.

Disebut dengan sistem Pencegahan Kejahatan alias Si Gahtan, satuan tugas rumah kosong (Satgas Rumsong) yang dikoordinir polisi tersebut mendayagunakan tim keamanan sekitar tempat tinggal dan warga yang tidak mudik untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban.

"Karena itu, Polda Metro Jaya mengedepankan upaya preventif atau pencegahan. Salah satu bentuknya meluncurkan sistem pencegahan kejahatan, Si Gahtan," ujar Putut di Casa Goya Park Residence, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (3/7/2013).

Saat peluncurun Si Gahtan, Putut mempraktikkan cara kerja Satgas Rumsong. Salah satunya dengan ketersediaan panic button di sekitar rumah yang dapat dijangkau dalam keadaan terdesak.

Tombol yang bila ditekan mengeluarkan suara sirine ini terhubung dengan pos keamanan terdekat, sehingga satuan keamanan bantuan dapat segera bergerak.

"Ini merupakan bentuk peran aktif masyarakat dalam membangun keamanan di lingkungannya masing-masing. Semoga melalui program ini masyarakat dapat terayomi dan terlindungi," terang Putut. (Alv/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.