by Luqman Rimadi

Libur Lebaran, 1 Juta Pengunjung `Serbu` Ancol

  • Peristiwa
  • 0
  • 01 Agu 2013 00:37
Libur Lebaran, masyarakat Jakarta maupun dari luar kota umumnya akan memanfaatkan waktu untuk berwisata. Salah satu tempat wisara di ibukota yang menjadi incaran adalah Pantai Ancol. PT Pembangunan Jaya Ancol pun menargetkan selama libur Lebaran, jumlah pengunjung kawasan wisata Ancol mencapai angka 1 juta. Angka tersebut diperoleh selama H-4 sampai H+17 lebaran.

"Kami targetkan 1 juta lebih pengunjung, untuk semua wahana, mulai dari Dufan, Atlantis, Sea World, maupun pengunjung yang sekedar untuk berjalan-jalan dipantai," ujar Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol Winarto, Rabu (31/7/2013).

Menurut Winarto, selama masa libur Lebaran tersebut, angka kunjungan wisata Ancol naik hingga mencapai 5 kali lipat dibanding hari biasa. Pada hari biasa, jumlah pengunjung Ancol per hari mencapai 20 ribu orang. Sedangkan pada libur Lebaran, angkanya mencapai 80 ribu per orang.

"Angka tersebut juga akan terus meningkat hingga 100 ribu pengunjung pada hari kedua Lebaran. Biasanya puncaknya pada hari kedua dan ketiga," urainya.

Ia mengatakan, ledakan jumlah pengunjung kawasan Ancol tersebut dikarenakan banyaknya jumlah pengunjung Ancol yang berasal dari luar Jakarta yang diprediksi akan datang pada H+3 lebaran.

Namun, pihaknya masih enggan menyebutkan target pendapatan selama libur Lebaran ini. Karena jumlah pendapatan biasanya akan diumumkan pada penghujung tahun.

"Kami tidak bisa sebutkan sekarang, tapi kami menargetkan tahun ini pendapatan tumbuh hingga hingga 7 persen," paparnya.

Ia juga mengatakan, untuk mengatasi lonjakan jumlah pengunjung selama libur Lebaran, sebanyak 800 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan Ancol. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari unsur kepolisian, Satpol PP, serta pengamanan internal Ancol.

"Kami juga sudah siapkan pengaturan lalu lintas di pintu keluar dan masuk saat terjadi lonjakan penumpang," ucapnya.

Untuk menghindari penumpukan antrian pengunjung, lanjut Winarto, pihaknya telah menyiapkan pintu loket tambahan di pintu gerbang Hailai dan pintu gerbang selatan, khusus untuk pengguna motor dan pejalan kaki.

"Kita juga siapkan 8 posko, 1 posko utama di area Bandar Djakarta. Lalu, 7 sub posko lainnya menyebar di kawasan Ancol yaitu di pintu gerbang Hailai, pintu selatan, Pantai Indah, pintu gerbang timur, Backstage resto, Taman Kelapa Bundaran Timur, dan Pantai Carnaval," tandas Winarto. (Alv/Tnt) (Tanti Yulianingsih )

Related Articles
Comments
Sign in to post a comment