Sukses

[VIDEO] Belum Terima THR, Buruh Pabrik Rokok di Malang Demo

Ribuan buruh pabrik rokok demo menuntut penyetaraan tunjangan hari raya (THR) dengan buruh lainnya, bahkan ada yang belum terima THR.

Ribuan buruh pabrik rokok di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji dan dari Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Malang, Jawa Timur, melakukan demo. Para buruh menuntut penyetaraan tunjangan hari raya (THR) dengan buruh lainnya.

Dalam Liputan 6 SCTV, Selasa (30/7/2013), mereka hanya bisa berteriak dan berusaha mendobrak pintu dari dalam pabrik karena satpam menutup pagar pabrik dan menghalangi para buruh yang akan keluar dari pabrik.

Satpam pabrik sempat menghalangi wartawan untuk mengambil gambar buruh yang mogok kerja. Menurut salah seorang buruh borongan, hingga saat ini dia dan rekan-rekannya belum menerima THR. Problem itu masih akan bertambah jika perusahaan tempat mereka bekerja menetapkan nilai THR berbeda untuk masing-masing buruh.

Sementara manajemen pabrik rokok mengklaim telah memberikan THR kepada karyawannya sejak 26 Juli lalu. Namun mereka mengaku jika menetapkan perbedaan jumlah THR sesuai masa kerja buruh. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.