Sukses

Ratusan Warga Antre Tiket Mudik Gratis di DPP PAN

Penukaran formulir pendaftaran mudik gratis itu dilaksanakan mulai hari ini Selasa-Rabu, 30 Juli -1 Agustus 2013 besok.

Ratusan warga mengantri di depan Kantor Pusat DPP Partai Amanat Nasional (PAN) di Warung Buncit, Jakarta Selatan, untuk mengambil tiket mudik gratis. Layanan mudik gratis itu meliputi sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Sumatera.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Laurens Bahang Dama mengatakan gelar mudik bersama PAN itu sebagai wujud bakti dan kepedulian kepada rakyat. Kegiatan itu sudah dilaksanakan sejak 2011 lalu. Rencananya  Mudik gratis bareng PAN yang dimulao 3 Agustus 2013 mendatang itu akan dilepas oleh Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.

"Ketua Umum PAN, Hatta Radjasa rencananya akan melepas secara resmi para pemudik dari parkir Hall A Basket, Senayan, Jakarta," kata Laurens di Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Ia menambahkan peserta mudik gratis yang diadakan sejak 3 tahun lalu itu semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2011 lalu, PAN mengangkut 5 ribu lebih pemudik, tahun 2012 sebanyak 10.250 pemudik.

"Untuk 2013 ini direncanakan lebih dari 13.559 pemudik,” imbuh Laurens.

Namun, Laurens membantah bila program ini bagian pencitraan PAN. Karena, kegiatan ini sebagai bentuk aksi nyata PAN milik rakyat.

Peserta Mudik dari Jabodetabek

Laurens menjelaskan warga yang mengikuti program mudik ini sebagian besar berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Tujuan mudik tersebar ke 67 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, dan Sumatera Selatan.

"Tujuan terbanyak Jawa Tengah sebanyak 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, DIY sebanyak 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik, Lampung 124 pemudik, dan Sumatera Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik," jelas Laurens.

Ada pun jumlah bus yang disediakan sebanyak 255 armada bus eksekutif.  Kuota kursi untuk program mudik bareng PAN tahun ini, sudah terpenuhi dalam waktu 4 hari sejak dibukanya pendaftaran pada 19 Juli lalu.

"Sekitar 50 persen pendaftar program mudik ini merupakan pemudik tetap PAN selama 3 tahun berturut-turut," jelas Laurens.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, antrian panjang calon penumpang berjubel membawa lembaran kertas formulir untuk ditukarkan tiket. Penukaran formulir pendaftaran mudik gratis itu dilaksanakan sejak Selasa-Rabu, 30 Juli - 1 Agustus 2013 besok. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.