Sukses

Menhub: Puncak Arus Mudik 2-4 Agustus

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 2 hingga 4 Agustus atau lebih cepat dari mudik Lebaran tahun lalu.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 2 hingga 4 Agustus yang merupakan H-6 Lebaran 2013. Hal itu dipengaruhi beberapa faktor, antara lain karena tunjangan hari raya (THR) yang sudah dibagikan bagi para pekerja 2 pekan sebelum Lebaran.

"Itu puncak (arus mudik) yang signifikan kenaikannya. Namun kami cukup tenang, karena kemacetan terurai sampai 5 dan 6 Agustus. Berbeda dari tahun lalu yang H-2 dan H-3 kita sudah kewalahan," kata Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan di Jakarta, Senin (30/7/2013).

Mangindaan menuturkan, untuk jalur darat memang sulit untuk mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas. Karena itu kecelakaan yang didominasi kendaraan roda 2 ini akan diminimalisir dengan mengalihkan pemudik menggunakan moda transportasi massal lainnya.

"Kami sudah siapkan kapal TNI Angkutan Laut, kapal roro dari pemerintah, maupun kapal dari Pelni. Kalau tidak salah, kemarin sudah sampai 8.000 pendaftar," ujar Mangindaan.

Untuk jalur darat, Kementerian Perhubungan menyediakan alternatif mudik dengan kereta api barang yang bisa mengangkut sepeda motor beserta pemudik.

"Tanggal 1 Agustus kita akan banyak lepaskan pengusaha-pengusaha yang sediakan mudik gratis. Motornya diangkut pakai truk dan pemiliknya, 2 orang plus 1 anak yang boleh dinaikkan di bus kalau lewat darat," jelasnya.

Mangindaan menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi data arus mudik tahun lalu, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung adalah daerah tujuan yang dinilai paling padat. "Daerah lain juga (padat), tapi masih bisa ditolerir," tuturnya. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini