Sukses

[VIDEO] Mudik Lebaran, Stasiun KA Jombang Dipadati Santri

Sejak 3 hari ini tercatat ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren di Jombang, Jawa Timur, mudik Lebaran.

Sejak 3 hari ini tercatat ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren di Jombang, Jawa Timur, mudik Lebaran. Para santri memadati stasiun kereta api untuk pulang kampung.

Stasiun Kereta Api Jombang mulai dipadati pemudik. Stasiun KA Jombang didominasi kalangan santri dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Jombang. Bahkan rombongan santri dari Pesantren Tebuireng sengaja memesan 1 gerbong kereta tujuan Jakarta.

Liputan 6 SCTV menyiarkan, Senin (29/7/2013), para santri membawa bekal nasi kotak dan penganan untuk buka puasa bersama. Menurut pihak Stasiun KA Jombang, dalam beberapa hari ini lonjakan pemudik mulai terlihat. Dari kalangan santri saja tercatat 3.000 lebih santri telah mudik. Sedangkan untuk tiket arus balik, dari semua jenis kereta api hingga H+15 telah ludes terjual.

PT Kereta Api juga mengeluarkan 55 lokomotif baru untuk mendukung operasi angkutan Lebaran di Pulau Jawa. Salah satu lokomotif itu tengah dikebut pengerjaannya di Balai Yasa Yogyakarta. Secara keseluruhan ada 307 lokomotif yang beroperasi di Jawa, 41 di antaranya disiapkan sebagai lokomotif cadangan. Ini merupakan peningkatan karena tahun lalu perusahaan ini hanya menyiapkan 21 lokomotif cadangan.

Selain itu, PT KAI Daop 6 telah melakukan perawatan dan perbaikan seluruh lokomotif maupun gerbong kereta yang akan digunakan. Daop 6 sendiri akan mengoperasikan 16 KA reguler dan 7 KA tambahan.

Di Bangkalan Madura, Tim Sidak Satpol PP dan Dinas Kesehatan menemukan banyak makanan dan minuman yang kemasannya rusak dan kedaluarsa di sejumlah toko dan pasar swalayan.

Jika makanan dan minuman yang rusak dan kadaluarsa masih tetap dijual, tim sidak akan memberikan sanksi tegas seperti penutupan usaha.  (Frd/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini