Sukses

Kapolri: 2/3 Kekuatan Polri Amankan Arus Mudik

Kepolisian siap melakukan pengamanan menjelang dan selama Lebaran. Pengamanan akan dilakukan sejak sepekan sebelum dan sesudah Lebaran.

Kepolisian siap melakukan pengamanan menjelang dan selama Lebaran. Pengamanan menyeluruh oleh kepolisian akan difokuskan sejak sepekan sebelum dan sesudah Lebaran. Hampir seluruh pasukan Polri dikerahkan.

"Kita mengerahkan 2/3 kekuatan Polri dari seluruh personel yang ada, yaitu sekitar 400 ribu. Pengamanan utama ada di 11 kepolisian daerah," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Pengamanan Lebaran akan dilakukan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. Polri akan menggelar apel siaga besok di Monas.

Menurut Timur, seluruh kegiatan masyarakat akan nenjadi sasaran pengamanan Lebaran. Namun begitu, fokusnya tetap kepada arus mudik.

"Konsentrasi kita untuk masyarakat yang akan mudik, terutama dari Jakarta yang menuju Jawa, serta menuju Sumatera," terang dia. Untuk mengamankan seluruh kegiatan masyarakat itu, Polri akan menerjunkan personel dalam jumlah yang cukup besar.

Menyangkut belum jelasnya keberadaan dinamit yang hilang beberapa waktu lalu, Timur mengatakan, langkah antisipasi terus dilakukan. "Tim juga terus bekerja dan langkah antisipasi sudah dilakukan," ucap Timur. (Frd/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.