Sukses

Dermaga Merak Ambruk, Truk yang Tenggelam Belum Bisa Dievakuasi

Evakuasi truk dengan cara manual melalui alat derek rantai itu diperkirakan selesai sore nanti.

PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mengevakuasi truk yang tenggelam akibat ambruknya dermaga V Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Evakuasi truk yang dilakukan dengan cara manual melalui alat derek rantai itu diperkirakan akan tuntas petang nanti.

"Diperkirakan evakuasi truk dipastikan selesai hingga sore nanti," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP, Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Minggu (28/7/2013).

Ia menjelaskan truk yang mengangkut tepung tapioka 28 ton itu ikut terperosok saat dermaga V ambruk, Sabtu 27 Juli 2013 sekitar pukul 23.30 WIB tadi malam. Pihaknya juga masih menyelidiki penyebab robohnya dermaga itu.

ASDP terus bekerja keras agar jembatan movable bridge di Dermaga V bisa secepatnya difungsikan kembali. Tak ada korban jiwa akibat musibah itu.

"Upaya pertama kita mengangkat truk yang tenggelam di jembatan 'movable bridge' (MB) Dermaga V. Dan kami berupaya untuk memperbaiki kerusakan jembatan MB agar bisa difungsikan lima dermaga," jelas Mario.

Untuk memaksimalkan arus kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, sementara dilayani 4 dermaga. Meski terjadi kerusakan jembatan di dermaga V Pelabuhan Merak, arus kendaraan yang hendak menyeberang berjalan lancar. (Ant/Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.