Sukses

[VIDEO] Hati-hati! Buah `Beracun` Beredar

Banyak oknum pedagang nakal yang kini memasarkan buah rekondisi. Berbagai zat kimia berbahaya ada pada buah itu.

Kandungan gizi dan vitaminnya yang kaya pada buah menjadikannya wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Terlebih lagi saat tengah berpuasa. Namun banyak oknum pedagang nakal yang kini memasarkan buah rekondisi. Berbagai zat kimia berbahaya yang ada pada buah itu mengancam kesehatan.

Buah yang seharusnya menyehatkan justru menjadi bom waktu hingga kesehatan kita rusak. Dalam teknologi pengawetan buah, ada cara yang dikenal dengan coating atau pelapisan menggunakan lilin. Dengan cara ini buah yang tadinya kusam menjadi licin cemerlang.

Namun metode ini harus dilakukan sesuai aturan yang ditentukan untuk mengurangi risiko kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Meskipun berisiko, banyak pedagang dengan dengan menerapkan cara ini untuk mengeruk keuntungan. Biasanya buah yang dipilih adalah buah impor atau lokal yang hampir busuk.

Seperti yang tayang dalam reportase SIGI SCTV, Minggu (28/7/2013), seorang pedagang membeberkan langkah curangnya. Tangannya yang lincah seketika memilih apel yang agak membusuk. Kemudian dia menyemprotkan cairan cat pada buah itu. Masih ada serangkaian proses tak layak lainnya.

Ingin tahu lengkapnya liputan curangnya pedagang buah, simak video di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini