Sukses

[VIDEO] Jalur Mudik Pantura dan Selatan Jawa Masih Perbaikan

Target perbaikan Pantura di Desa Gending, Probolinggo, H-10 Lebaran. Jalur Selatan Jawa di Cimanggung, Sumedang, juga masih perbaikan.

Perbaikan jalan di sepanjang jalur mudik Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa, masih belum rampung. Pengerjaan proyek itu pun mengakibatkan kemacetan di sejumlah titik.

Liputan 6 SCTV Petang, Sabtu (27/7/2013), jalan sepanjang Jalur Pantura di Desa Gending, Probolinggo, Jawa Timur, diperbaiki, selama 2 pekan terakhir. Sebab jalan ini, bergelombang dan berlubang hingga rawan kecelakaan. Perbaikan ditargetkan selesai pada 10 hari jelang Lebaran atau H-10.

Karena dikejar target, pengerjaan pun dikebut siang malam dengan sistem buka tutup. Hal ini menakibatkan jalur sepanjang Probolinggo, Kraksaan menuju Banyuwangi, macet total. Sebagian kendaraan memilih memutar balik untuk menghindar dari kemacetan.

Sementara itu, perbaikan jalan di Jalur Selatan Pulau Jawa tepatnya di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, terus digenjot. Pekerja meninggikan dan menambal jalan serta memperbaiki sistem drainase di kawasan yang kerap dilanda banjir ini.

Perbaikan jalan utama penghubung beberapa kota di Jawa Barat ini terbilang lambat. Pasalnya, masih ditemukan ruas jalan berlubang yang belum ditangani. Seperti ruas jalan Parakan-Muncang yang menghubungkan Bandung, Sumedang dan Garut.

Sistem One Way atau Satu Lajur juga diuji coba untuk mengurai kemacetan. Namun, absennya petugas membuat lalulintas semrawut. Banyak pengguna jalan mengambil jalan pintas dengan menerobos marka jalan dan melawan arah.

Ruas jalan Rancaekek dan Cimanggung, Sumedang itu merupakan jalur utama arus mudik yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini