Sukses

[VIDEO] Yuk Berburu Tas Kerajinan dari Serat Alami di Sleman

Selain unik dan modelnya yang menarik tas berbahan alami dari pandan laut, enceng gondok, lidi, dam anyaman bambu dipasarkan ke mancanegara.

Tim Safari Ramadan singgah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal sebagai provinsi penuh kreativitas, termasuk dalam pengolahan serat-serat menjadi kerajinan. Berbagai macam kerajinan tas hingga pernak-pernik dibuat dari pandan laut, enceng gondok dan lidi.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (27/6/2013), berbagai macam model tas dipamerkan di Pusat Kerajinan Serat Alami Sleman. Selain unik dan modelnya yang menarik tas berbahan alami yang dibuat dari pandan laut, enceng gondok, lidi, hingga anyaman bambu, itu ramah lingkungan.

Selain pasar dalam negeri seperti Yogyakarta, Bali dan Jakarta, produk kerajinan serat alami itu juga sudah merambah ke mancanegara mulai dari Jamaika, Amerika Serikat, hingga Australia.

Pemilik galeri Ibu Daryati menuturkan bisnis kerajinan serat alami itu dilakukannya karena juga ingin memberdayakan masyarakat sekitarnya. Terlebih, bahan dasarnya mudah didapat.

"Karena bahan kerajinannya bahan alami dan biar orang-orang desa bisa dapat rezekinya. Daripada nggak bermanfaaat ya dimanfaatkan," kata Daryati

Jelang Lebaran, ia menambahkan, omzet bisnis tas serat alami itu naik hampir 4 sampai 5 kali lipat. Kendati demikian, menurutnya menjalankan bisnis tidaklah mudah dan ada pasang surutnya. Sebelum banting setir menggeluti kerajinan serat alami, bisnisnya hampir bangkrut akibat kirisis moneter 1997 lalu. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini