Sukses

Menpora: Bendera Merah Putih Istana akan Diberikan ke 33 Provinsi

"Ini salah satu cara memunculkan rasa kebanggaan bagi warga negara dan mempertahankan rasa cinta terhadap bangsa," kata Roy.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo berencana memberikan bendera Merah Putih yang pernah dikibarkan di Istana Kepresidenan ke seluruh 33 provinsi. Rencananya, bendera tersebut akan dikibarkan di gedung pemerintah di setiap provinsi.

"Saat ini, Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati sudah tidak mungkin dikibarkan lagi, lalu diganti dengan yang sekarang dikibarkan di Istana. Bendera itu akan diserahkan ke setiap provinsi," kata Roy Suryo usai meresmikan Pelatihan Paskibraka Indonesia di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (26/7/2013).

Ia menjelaskan, hal ini dilakukan agar daerah memiliki rasa kebanggaan bahwa bendera yang pernah dikibarkan di Istana Merdeka ada di daerah dan dikibarkan di sana.

"Ini salah satu cara memunculkan rasa kebanggaan bagi warga negara dan mempertahankan rasa cinta terhadap bangsa," imbuh Roy.

Ia menambahkan bendera itu akan diserahkan oleh Presiden SBY sesaat setelah penurunan bendera pada 17 Agustus sore. Perwakilan daerah akan menerima langsung bendera itu.

"Nanti kita atur, misalnya Aceh provinsi pertama yang menerima bendera itu. Jadi dalam 33 tahun seluruh daerah Indonesia memiliki bendera yang pernah dikibarkan di Istana," jelas Roy.

"Rencananya ide ini dilaksanakan mulai tahun depan. Karena kalau tahun ini saya rasa terlalu cepat," tukas Roy. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini