Sukses

SBY Pertanyakan Banyak BAP yang Bocor ke Publik

Padahal, kata SBY, itu adalah dokumen rahasia negara yang akan dibawa dalam proses pengadilan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapat pengaduan dari masyarakat tentang banyaknya berkas Berita Acara Pemeriksaan atau BAP yang merupakan dokumen rahasia penegak hukum, malah bocor ke publik. SBY berharap informasi itu tidak benar.

"Mudah-mudahan tidak benar tapi masuk kepada saya ini untuk semua penegak hukum, Kepolisian, Kejaksaaan, KPK atau siapapun. Mengapa isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) diketahui oleh pihak-pihak tertentu?" kata SBY saat membuka Rapat Kerja Nasional Bantuan Hukum Nasional di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/7/2013), seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet.

Padahal, kata SBY, itu adalah dokumen rahasia negara yang akan dibawa dalam proses pengadilan. Tapi, mengapa dokumen-dokumen BAP itu bisa bocor ke pihak-pihak tertentu.

SBY justru khawatir bila dokumen itu bocor ke media massa. Karena bila jatuh ke tangan media, maka ada rasa keadilan yang terganggu.

"Bisa dibayangkan kalau di tangan press akan menjadi bagian publikasi dari media itu. Maka di sini keadilan juga terganggu koyak jadinya. Belum-belum kok sudah diudal-udal," kata SBY.

"Mari kita sama introspeksi betul atau tidak betul. Jika tidak betul Alhamdullilah," tutur SBY. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini