Sukses

Siti Fadilah Minta Terdakwa Tunjuk Rudi Tanoe Garap Proyek

Siti Fadillah Supari memberi arahan kepada dia agar proyek pengadaan alkes flu burung itu dilakukan lewat penunjukan langsung.

Terdakwa kasus korupsi pengadaan alat kesehatan untuk flu burung, Ratna Dewi Umar, menyebut keterlibatan pihak lain dalam kasus yang menjeratnya. Dia langsung menunjuk mantan atasannya, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, terlibat.

Tak hanya keterlibatan mantan atasannya, Ratna Dewi juga mengungkapkan keterlibatan rekanan proyek, Bambang Rudijanto Tanoesoedibjo alias Rudi Tanoe.

Ratna memaparkan, pada awal 2006 saat pertama kali proses pengadaan alkes flu burung itu, Siti Fadillah Supari memberi arahan kepada dia agar proyek pengadaan alkes flu burung itu dilakukan lewat penunjukan langsung.

"Bu Siti minta saya agar proyek itu diberikan ke Rudi. Saya sempat tanya, `Rudi siapa.` kata dia `Rudi Tanoe`," kata Ratna di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/7/2013). Hal tersebut disampaikan Ratna Dewi dalam persidangan dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Rudi yang merupakan kakak dari calon wakil presiden dari Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo ini diketahui kerap menggarap proyek di Kementerian Kesehatan sejak kepemimpinan Menteri Kesehatan (Alm) dr. Sujudi. Saat itu pun dia didampingi tangan kanannya bernama Sutikno.

Dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan, Ratna Dewi Umar sendiri didakwa melakukan korupsi secara bersama-sama dalam empat proyek pengadaan di Depkes pada 2006 hingga 2007. Akibat perbuatannya, negara diduga mengalami kerugian lebih dari Rp 50 miliar.

Korupsi diduga dilakukan secara bersama-sama dengan menyalahgunakan kewenangan ketika Ratna menjadi pejabat pembuat komitmen atau kuasa pengguna anggaran dalam empat proyek pengadaan. Proyek pertama adalah pengadaan alat kesehatan dan perbekalan dalam rangka wabah flu burung pada tahun anggaran 2006 di Direktorat Bina Pelayanan Medik Dasar Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik.

Proyek kedua, penggunaan sisa dana daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun anggaran 2006 pada Direktorat Bina Pelayanan Medik Dasar Ditjen Bina Pelayanan Medik Depkes. Proyek ketiga, pengadaan peralatan kesehatan untuk melengkapi rumah sakit rujukan penanganan flu burung dari DIPA APBN-P tahun anggaran 2007. Keempat, pengadaan reagen dan consumable penanganan virus flu burung dari DIPA APBN-P tahun anggaran 2007. (Ary/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini