Sukses

Tabrak Lari dan Tewaskan Tunawisma, Salman Khan Didakwa Membunuh

Salman Khan didakwa terkait kasus tabrak lari pada tahun 2002 lalu, yang bisa menyeretnya ke bui selama 10 tahun.

Pengadilan Mumbai di India secara resmi membacakan dakwaan pembunuhan terhadap bintang Bollywood, Salman Khan terkait kasus tabrak lari pada tahun 2002 lalu, yang bisa menyeretnya ke bui selama 10 tahun.

Pria 47 tahun itu diduga menabrakkan mobil Toyota Land Cruiser miliknya ke trotoar -- di mana 5 tuna wisma sedang tidur di pinggiran kota Mumbai tahun 2002 lalu. Akibatnya, seorang tunawisma tewas dan empat lainnya terluka.

Sementara, Khan yang mengenakan kaus biru dan celana hitam, mengaku tak bersalah atas tuduhan pembunuhan itu . Demikian dikabarkan  Press Trust of India, seperti dilansir News.com.au, Rabu 24 Juli 2013.

Jaksa Shankar Erande meminta hakim untuk segera menuntaskan persidangan kasus yang sudah lama ditangguhkan.

Khan sebelumnya diadili dengan dakwaan yang lebih ringan, yakni lalai saat mengemudi, namun jaksa mengajukan permohonan untuk memperberat tuduhan itu.

Pengacara Khan Majeed Memon mengatakan, kasus yang menjerat kliennya berlarut-larut, hampir 11 tahun. Ia menyalahkan sistem hukum atas kelambanan penanganan ini.

"Hampir 11 tahun sejak tanggal kejadian, dakwaan baru dibacakan oleh pengadilan yang berwenang," kata dia.

Pemohon, Abha Singh, yang berada di ruang pengadilan, mengatakan, saat membacakan tuduhan, hakim menyatakan bahwa, "darah Salman Khan mengandung  30 mg alkohol, itu berarti ia sedang mabuk."

Padahal, hukum yang berlaku di Mumbai melarang seseorang mengemudi jika level alkohol dalam darah 30 miligram per 100 mililiter atau lebih.

Singh telah mengajukan petisi terpisah yang mempertanyakan penundaan selama lebih dari satu dekade atas kasus Khan.

Khan, yang dikenal dengan tubuhnya yang berotot dan sikapnya yang temperamental, adalah figur kontroversial sejak bergabung di Bollywood di akhir 1980-an dalam film romansa Maine Pyar Kiya (Aku Jatuh Cinta).

Pada 1998 lalu, ia ditahan selama lebih dari seminggu karena membunuh rusa langka India di negara bagian Rajasthan.

Baru-baru ini ia baru berbaikan dengan eks rivalnya  Shahrukh Khan. Kasus pertikaian keduanya terjadi sejak 2008. Salman Khan dikabarkan pernah menjelek-jelekkan nama Shahrukh Khan ketika berperan dalam satu adegan. (Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.