Sukses

[VIDEO] Bandara Kualanamu Medan Dibuka, 16 Pesawat Landing

Hari terakhir Bandara Polonia, Medan beroperasi, ratusan penumpang masih memadati ruang keberangkatan.

Hari terakhir Bandara Polonia, Medan beroperasi, ratusan penumpang masih memadati ruang keberangkatan bandara. Bahkan antrean penumpang membeli tiket masih terlihat. Padahal peran Bandara Polonia itu akan berakhir dan beralih ke Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis dini hari (25/7/2013), meski hari terakhir beroperasi, kesibukan di Bandara Polonia masih berlangsung seperti biasa. Para penumpang yang akan melakukan penerbangan ke berbagai kota tujuan tetap memadati tempat penjualan tiket dan juga ruang keberangkatan.

Jumlah penerbangan juga tidak berbeda dibanding hari-hari sebelumnya. Setelah beroperasi selama 85 tahun terakhir, mulai Kamis dinihari perannya akan digantikan oleh Bandara Internasional Kuala Namu.

Menandai penutupan Bandara Polonia secara resmi, sebanyak 16 pesawat melakukan penerbangan tanpa penumpang menuju Bandara Kualanamu

Pada Kamis pukul 00.01 WIB, Angkasa Pura secara resmi mengoperasikan Bandara Internasional Kualanamu. Hingga Rabu 24 Juli petang, seluruh fasilitas utama seperti dua belas pintu masuk, fasilitas ruang tunggu, serta alat X- ray sudah siap digunakan.

Bandara Internasional Kualanamu menjadi bandara terbesar keempat di tanah air setelah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Selain itu, ada Bandara Juanda, Surabaya serta Ngurah Rai, Bali.

Bandara yang terletak sekitar 30 kilometer dari kota Medan ini memiliki luas 115 hektare dan bisa menampung 8 hingga 10 juta penumpang per tahun.

Nantinya para penumpang dari Medan bisa menggunakan kereta khusus menuju bandara dengan tarif Rp 80 ribu pulang pergi. (Ali/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.