Sukses

Demokrat Siapkan 7 Anggota Komite Konvensi

7 Anggota Komite Konvensi yang akan menyeleksi kandidat bakal capres tersebut terdiri dari 3 orang internal partai dan 4 orang dari luar.

Partai Demokrat menyiapkan 7 anggota Komite Konvensi bakal calon presiden dari partai berlambang mercy itu. Hal itu disampaikan Ketua DPP Bidang Komunikasi Publik Andi Nurpati di Jakarta, Rabu (24/7/2013).
    
"Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sedang menimbang-nimbang beberapa nominasi nama yang akan dipilih oleh Majelis Tinggi sebagai anggota Komite Tujuh," kata Andi di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta.

Tujuh anggota Komite Konvensi yang akan menyeleksi kandidat bakal capres tersebut terdiri dari 3 orang internal partai dan 4 orang dari luar partai. "Prediksi saya, tiga orang dari internal itu tentu senior yang posisinya di Majelis Tinggi atau Dewan Pembina," tambah mantan komisioner KPU Pusat itu.

Sementara empat orang lainnya di Komite Tujuh itu akan diambil orang dengan latar belakang akademisi atau birokrasi.

Pembentukan panitia pelaksana konvensi diharapkan dapat selesai Agustus, sehingga pada saat tahap awal konvensi dilakukan Komite Tujuh tersebut telah siap menjalankan tugasnya. "Komite itu nanti yang akan menyiapkan berbagai macam perangkat, mekanisme, teknis dan jadwal pelaksanaan konvensi. Itu memerlukan waktu sekitar dua pekan untuk mempersiapkan semuanya," tambahnya.

Sementara Ketua Majelis Tinggi sekaligus Ketua Umum DPP Partai Demokrat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan para peserta konvensi akan diumumkan akhir Agustus.

"Peserta konvensi akan disampaikan kepada masyarakat luas pada akhir Agustus 2013 akhir bulan mendatang, Insyaallah komite akan mengumumkan siapa-siapa yang akan menjadi kandidat," ucap Yudhoyono.

Dia menjelaskan sistem konvensi tersebut akan bersifat semi terbuka dan bisa diikuti kandidat dari kader internal maupun non-kader Partai Demokrat.
    
Dalam penyelenggaraannya, Komite Tujuh bertugas untuk menjaring para kandidat yang dipandang tepat sebagai bakal capres dari Partai Demokrat.  Komite itu akan dipimpin oleh tokoh dari Partai Demokrat dan tokoh independen yang bertanggungjawab kepada majelis tinggi partai.
    
Para kandidat bakal capres tersebut akan mengikuti proses seleksi dalam dua tahap.  Tahap pertama digelar mulai September hingga Desember, yang mana para kandidat akan diperkenalkan kepada masyarakat selain juga melakukan wawancara dengan media massa yang diatur Komite.

Pada tahap kedua, yang dilakukan mulai Januari hingga Mei 2014, para kandidat diwajibkan mengikuti sesi debat setelah menjalankan dua kegiatan di tahap pertama. Pemenang dalam konvensi tersebut akan ditentukan melalui survei, setidaknya 2-3 kali oleh tiga lembaga survei independen dan diumumkan oleh Komite Tujuh pada Mei 2014, setelah pelaksanaan pemilihan legislatif dan sebelum pemilihan presiden Pemilu 2014. (Ant/Ali/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.