Sukses

KPK Cek Harta 9 Calon Kapolri

Pada pekan ini sudah tercatat baru 2 nama petinggi Polri yang sudah menyerahkan laporan harta kekayaannya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan klarifikasi harta 9 calon kapolri melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN). Pemeriksaan ini merupakan permintaan dari Komite Kepolisian Nasioanal (Kompolnas).

"Ada 9 (calon Kapolri) yang akan dilakukan LHKPN kepada KPK dalam konteks permintaan kompolnas, untuk melihat record dari kandidat calon Kapolri," kata juru bicara KPK Johan Budi di kantornya, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Namun, Johan enggan menyebutkan siapa saja 9 nama calon pengganti Jenderal Timur Pradopo tersebut. Pekan ini sudah tercatat 2 petinggi Polri yang menyerahkan laporah harta kekayaan. Mereka yakni Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar dan Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachjunadi.

Sementara dalam jadwal yang direncanakan, dalam 2 minggu ini diharapkan 9 nama tersebut sudah menyerahkan laporan kekayaannya untuk segera divalidasi KPK.

Dari kabar yang beredar, 9 kandidat Tri Brata-I itu yakni Kabareskrim Komjen Pol Sutarman, Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Budi Gunawan, Deputi Operasi Kapolri Irjen Badrodin Haiti, dan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar.

Selain itu ada juga Kapolda Sumsel Irjen Saud Usman Nasution, Kapolda Jabar Irjen Tubagus Anis Angkawijaya, Kapolda Bali Irjen Arif Wachjunadi, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Anas Yusuf, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Putu Eko Bayu Seno. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.