Sukses

[VIDEO] Bandara Kualanamu Terbesar Keempat di Indonesia

Bandara Internasional Kualanamu menjadi bandara terbesar keempat di Tanah Air setelah Soekarno-Hatta, Juanda dan Ngurah Rai.

Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara Bandara terbesar keempat di Indonesia. Saat ini Bandara yang akan beroperasi Kamis 25 Juli besok, masih dalam pengerjaan.

Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (24/7/2013) menayangkan, Bandara Internasional Kualanamu menjadi bandara terbesar keempat di Tanah Air setelah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang Banten, Bandara Juanda di Surabaya Jatim, dan Bandara Ngurah Rai di Denpasar Bali.

Bandara Kualanamu yang terletak sekitar 30 kilometer dari kota Medan ini memiliki luas 115 hektar dan bisa menampung 8 hingga 10 juta penumpang per tahun.

Nantinya para penumpang dari medan bisa menggunakan kereta khusus menuju bandara dengan tarif Rp 80 ribu pulang pergi.

Bandara Internasional Kualanamu mulai beroperasi Kamis besok. Namun berbagai fasilitas terus dikerjakan, seperti pengerjaan dinding stasiun kereta khusus bandara. Sedangkan seluruh fasilitas utama seperti 12 pintu masuk fasilitas ruang tunggu serta alat x-Ray sudah siap digunakan.

Bandara Kualanamu akan menggantikan Bandara Polonia di Medan yang sudah beroperasi selama 85 tahun sejak tahun 1928. Meski melayani penerbangan internasional bandara ini tidak memiliki fasilitas memadai. Seperti tidak memiliki fasilitas jembatan penghubung untuk penumpang atau garbarata. Bandara Polonia selanjutnya akan menjadi pangkalan udara militer. (Sul/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bandara Kualanamu adalah bandara udara pesawat terbang yang dibangun di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut).

    Bandara Kualanamu

Video Terkini