Sukses

Menhan: Pernyataan Gus Dur Bukan Masukan Dephan

Pernyataan Gus Dur mengenai keterlibatan Prabowo dan Hartono bukan masukan Dephan dan harus diteliti kebenarannya. Nurcholish Madjid juga mengutarakan kesangsian serupa.

Liputan6.com, Jakarta: Keterlibatan Letnan Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto dan Jenderal Purnawirawan R. Hartono dalam pengeboman malam Natal bukan masukan Departemen Pertahanan kepada Presiden Abdurrahman Wahid. Bantahan itu dicetuskan Menteri Pertahanan Mahfud MD di Jakarta, baru-baru ini.

Sebelumnya, Ahad (14/1), Gus Dur dalam wawancara dengan Majalah Newsweek mengungkapkan bahwa dua mantan Jenderal itu terlibat kasus pengeboman Natal. Menurut Mahfud, informasi itu mungkin diperoleh Gus Dur dari sumber lain, seperti dari polisi atau intelijen lain. Namun, informasi tersebut bisa dijadikan sebagai titik tolak pelacakan sebab menurut ia biang pengeboman tak hanya dua orang itu.

Tudingan atas keterlibatan Prabowo juga disangsikan oleh cendekiawan muslim Nurcholish Madjid. Hal itu diutarakannya seusai memberi sambutan dalam peluncuran buku tentang Keraton Kasunanan Surakarta. Cak Nur menduga, ungkapan Gus Dur itu adalah wujud mekanisme pertahanan dirinya lantaran cemas atas perkembangan keadaan politik. Selain itu, menurut dia, tudingan tersebut juga tidak lepas dari kebiasaan Gus Dur melontarkan tuduhan-tuduhan dan kemudian meralatnya sendiri.(HFS/Budi Prastowo dan Agus Ginanjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.