Sukses

Mahasiswa HIMA IPA UNY Gelar Pildacil Panti Asuhan DIY

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Universitas Negeri Yogyakarta, menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut ramadan.

Citizen6, Yogyakarta: Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 20 - 21 Juli 2013, menyelenggarakan rangkaian kegiatan bertajuk "Semarak Ramadhan 1434 Miftakhul Jannah." Kegiatan tersebut berupa Pemilihan Dai Cilik (Pildacil) Panti Asuhan DIY, Kajian Keislaman dan Bedah Buku, Training Motivasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ), dan Kegiatan Pesantren Ramadhan Santri Camp.

Kegiatan Semarak Ramadhan ini mengangkat tema "Anak Panti Berprestas." Kegiatan ini merupakan kegiatan HIMA IPA UNY bekerjasama dengan Komunitas Pena Indonesia (KOPINDO) dan Ardian Transport Yogyakarta sebagai sponsor utama. Pelaksanaan kegiatan bertempat di Panti Asuhan Binaan Miftakhul Jannah, Bambanglipuro, Bantul. Kegiatan ini diikuti perwakilan santri dari beberapa panti asuhan DIY.

"Kegiatan  semarak ramadan kali ini mengangkat tema "Anak Panti Berprestasi." Harapannya, kegiatan ini mampu memberikan motivasi santri untuk selalu bersemangat dalam menimba ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan," demikian yang disampaikan Rindy Prasetyo, mahasiswa Pendidikan IPA, selaku ketua panitia kegiatan.

Rangkaian kegiatan semarak ramadan hari pertama berisi kajian dan bedah buku yang dilakukan oleh KOPINDO yang dilanjutkan acara berbuka puasa bersama. Setelah pelaksanaan shalat tarawih dilakukan pembinaan dan pembekalan para peserta mengenai teknis dan materi dakwah oleh Ustadz Mujadi KS selaku pembimbing keagamaan Panti Asuhan Miftahul Jannah.

"Menjelang sahur, sekitar pukul 02.00 WIB, peserta mengikuti rangkaian kegiatan training motivasi ESQ. Kegiatan training ESQ ini dipimpin oleh Koordinator KOPINDO, Ary Gunawan. Peserta diarahkan untuk membuka kerangka berpikir dan bermuhasabah tentang hidup dan kehidupannya," ungkap Kumalasari, selaku penanggung jawab acara.

Puncak acara semarak ramadan berupa kegiatan Pildacil DIY yang dimulai pukul 08.00 WIB pada, Minggu 21 Juli 2013, setelah para peserta mengikuti kegiatan tafakur alam (pawai taaruf) dengan warga sekitar. Acara Pildacil dibuka secara langsung oleh Ustadz Fajar Syamsu, selaku pimpinan Panti Asuhan Miftakhul Jannah Bantul. "Kegiatan Pildacil Panti Asuhan ini merupakan kegiatan perdana di Miftakhul Jannah dan mungkin pula perdana di DIY. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap ramadhan di masa yang akan datang," ucap Fajar Syamsu dalam sambutannya.

Pildacil diikuti perwakilan santri dari beberapa panti asuhan di DIY. Para peserta yang telah mengikuti Santri Camp tampak bersemangat dan percaya diri mengikuti kegiatan ini. Peserta pildacil dinilai oleh tiga dewan Juri yang berasal dari berbagai latar belakang, yaitu Ustadz Fajar selaku pimpinan Miftakhul Jannah, Ustadzah Erfina Indriyani selaku aktivis TPA Bantul, dan Mas Ary Gunawan, aktivis pemuda KOPINDO. Ketiga dewan juri menilai sekaligus memberikan komentar terhadap penampilan para peserta.

"Acara ini mengadopsi kegiatan pildacil yang biasa diselenggarakan di televisi, tentunya sesederhana mungkin. Masing-masing peserta diberikan kesempatan tampil selama 15 menit. Penilaian meliputi aspek materi, penampilan, dan kostum. Tidak ada sistem suara terbanyak melalui SMS," ucap Ary Gunawan, mewakili dewan juri.

Pengumuman kejuaraan dilakukan setelah sholat dhuhur berjamaah. Pada kesempatan ini pula peserta dan penonton disuguhi penampilan grup vokal Miftakhul Jannah. Juara umum Pildacil Putra diraih oleh Panti Asuhan Mafaza Umbulharjo dan juara umum Pildacil Putri diraih oleh Panti Asuhan Miftakhul Jannah Bantul.

Kedua panti asuhan ini menyapu bersih gelar juara I, II, dan III. Masing-masing juara berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan, uang pembinaan, dan tiket gratis rekreasi di Kebun Binatang Gembira Loka, sedangkan untuk para peserta mendapatkan santunan dari donatur. Kegiatan diakhiri pukul 14.00 WIB dengan lancar dan penuh harap semoga diberkahi Allah SWT dan dapat berlangsung lebih baik di masa depan. (Ary Gunawan/YSH)

Ary Gunawan, aktivis KOPINDO adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.