Sukses

[VIDEO] Jalur Alternatif Pantura di Pati Rusak Parah

Saat cuaca cerah, kondisi jalan berdebu. Sebaliknya jika hujan turun kondisi jalan menjadi licin. Sejumlah kendaraan terperosok lubang

Jelang arus mudik Lebaran, sebagian jalan alternatif di jalur Pantura wilayah Pati, Jawa Tengah, masih rusak dan membahayakan pengguna jalan. Kondisi jalan rusak juga masih terjadi di jalur alternatif Karawang-Bandung, Jawa Barat.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (23/7/2013), Jalan Raya Pati-Kayen sepanjang 5 kilometer merupakan jalur alternatif yang kerap digunakan pemudik saat jalur Pantura wilayah Pati macet karena puncak arus mudik.

Namun hingga 2 pekan menjelang lebaran, kondisi jalur ini masih rusak parah. Perbaikan yang dilakukan dengan menguruk pasir dan batu justru menyulitkan pengguna jalan. Saat cuaca cerah, kondisi jalan berdebu. Sebaliknya jika hujan turun kondisi jalan menjadi licin. Sejumlah kendaraan terutama kendaraan berat rusak akibat terperosok lubang.

"Jalannya rusak banyak mobil dan bisa terperosok lubang," kata warga Ali Mashudi.

Kerusakan serupa juga masih terjadi di Jalan Raya Curug, Klari, Karawang, Jawa Barat. Bahkan ruas jalan yang rusak mencapai 20 kilometer. Selain mengakibatkan kemacetan, jalan alternatif jalur tengah Sadang menuju Bandung atau  Cirebon itu juga membahayakan pengguna jalan karena banyaknya lubang menganga.

Bagi anda yang ingin melewati jalur itu saat mudik, harap mewaspadai sejumlah titik rawan kecelakaan yakni di Jembatan Munjul, Tanjakan Conggeang serta Pertigaan Walahar. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.