Sukses

[VIDEO] Status Bendung Katulampa Masih Siaga III

"Status Siaga III atau waspada belum diturunkan karena cuaca di Puncak sering berubah," kata petugas Andi Sudirman.

Status bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, masih siaga 3 meski intensitas hujan di kawasan Puncak sudah mulai turun. Kendati demikian warga Jakarta yang tinggal di Bantaran Kali Ciliwung tetap diminta waspada karena cuaca di kawasan Puncak sering berubah-ubah.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV Malam, Senin (22/7/2013), ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, sudah di bawah 100 centimeter. Posisi itu artinya kondisi bendung tidak begitu membahayakan karena tidak akan menimbulkan banjir kiriman bagi warga Jakarta. Sebelumnya beberapa wilayah yang dilewati Kali Ciliwung sempat tergenang karena menerima banjir kiriman dari Bogor.

Saat ini intensitas hujan di kawasan Puncak juga menurun sejak Siang tadi. Meski demikian, petugas bendungan mengingatkan status Siaga III belum diturunkan mengingat cuaca di kawasan Puncak sering berubah-ubah dari cerah menjadi hujan.

"Status Siaga III atau waspada belum diturunkan karena cuaca di Puncak sering berubah," kata petugas Andi Sudirman.

Status Siaga III ditetapkan setelah ketinggian air di Bendung Katulampa sempat mencapai di atas 120 sentimeter. Namun setelah hujan mulai reda ketinggian air pun berangsur-angsur surut.

Longsor di Bogor Utara

T
ingginya intensitas hujan di Bogor, Minggu 20 Juli 2013 malam, mengakibatkan 3 rumah kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara rusak akibat dihantam longsor. 1 Rumah yang berada lebih tinggi longsor hingga menimpa 2 rumah di bawahnya. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu namun ketigas rumah itu rusak parah. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini